Translate

Selasa, 05 Januari 2010

Beasiswa Universitas Hasanuddin Untuk Mahasiswa Baru

Disediakan, 500 Beasiswa Bidik Misi Maba Tuesday, 29 December 2009 Ini kabar gembira bagi mereka yang akan tamat sekolah menengah atas (SMA, SMK, MAN, MAK) negeri dan swasta pada tahun 2010. Untuk mahasiswa baru tahun itu, 500 beasiswa sudah menunggu di Unhas. Beasiswa yang berjudul ’’Bidik Misi’’ ini, diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu alias miskin dari segi ekonomi, tetapi berprestasi akademik.


Besar beasiswa tidak tanggung-tanggung, Rp 600 ribu per bulan selama empat tahun. Tidak hanya itu, mereka yang diterima masih diberi kemudahan lagi, bebas SPP. Tak cukup itu saja, mereka pun memperoleh biaya hidup selama kuliah. Fasilitas yang diiming-imingkan kepada mereka yang diterima ini kian sempurna sudah dengan penyediaan asrama mahasiswa bagi yang beruntung.
Syarat mereka yang diterimamemperoleh beasiswa ini, sebut Pembantu Rektor III Unhas Ir.H.Nasaruddin Salam, M.T., calon peserta yang direkrut adalah siswa kelas III, sekolah lanjutan atas, baik negeri dan swasta. Malah peserta paket C pun memiliki hak memperoleh beasiswa itu jika lulus. Yang penting, mereka memiliki prestasi akademik/kurikuler dan ekstrakurikuler yang bagus seperti olahraga dan seni.Siswa yang berprestasi tetapi tidak mampu itu, meraih peringkat 1-3 di kelas. Ini harus disertai bukti fotocopy rapor semester I hingga V bagi kelas reguler atau semester I-III bagi kelas akselerasi.‘’Juga diperlukan surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas bidang keilmuan/akademik yang dilegalisasi kepala sekolah,’’ sebut Nasaruddin Salam di ruang kerjanya, 29 Desember 2009.Bagi siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga atau seni, harus melampirkan fotocopy piagam penghargaan atau memperlihatkan medali di tingkat kabupaten yang disabetnya. Para calon juga menyertakan fotocopy kartu keluarga atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali dari kepala desa atau kepala dusun tempat orang tua/wali berdomisili.Mereka yang diterima itu akan disebar ke seluruh program studi, termasuk Fakultas Kedokteran. Proses seleksi mereka juga sangat simple, Pesefrta hanya akan mengikuti tes seleksi kemampuan akademik. Program seperti ini, selain di Unhas, juga di UNM, Politeknik Negeri Ujungpandang dan Universitas Islam negeri (UIN) Alauddin.Pemberian beasiswa dipayungi oleh kesepakatan bersama antara Dirjen Dikti Prof.dr.Fasli Jalal, Ph.D dengan Rektor Unhas Prof.Dr.dr.Idrus A Paturusi yang diteken pada tanggal 16 Desember 2009 di Jakarta. Program Beasiswa Bidik Misi itu sesuai dengan Renstra Depdiknas 2010-2014, bagian dari program 100 hari kerja Mendiknas.
Tujuan beasiswa ini, meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi, meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia yang berpotensi akademik tinggi dan kurang mampu secara ekonomi, menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler, menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain selalu meningkatkan prestasi, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian social, sehingga mampu berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Tugas Unhas sebagai mitra Ditjen Dikti adalah memilih atau menyeleksi peserta program beasiswa, pengalokasian dana beasiswa, pemberian dan pembayaran dana beasiswa kepada peserta program beasiswa, monitoring dan evaluasi pelaksanaan program beasiswa, dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung penyelenggaraan program pendidikan bagi peserta program beasiswa. Informasi mengenai formulir pendaftaran beasiswa ini dapat berhubungan langsung dengan Biro Kemahasiswaan Unhas, Gedung rektorat Unhas Lantai II Kampus Tamalanrea, Jl.Perintis Kemerdekaan Makassar. (de@r).

Download Formulir: http://unhas.ac.id/maba/beasiswa2010/ 

1 comments:

sangat senang mendengar mengenai program beasiswa bidik misi 2010. Saya ingin bertanya apakah program beasiswa ini hanya bagi lulusan 2010. apakah tidak berlaku bagi lulusan 2009 yang memenuhi kriteria persyaratan namun tidak mampu secara finansial..?
Trimakasih.