Translate

Sabtu, 11 September 2010

Uncle Sam...! Saya Tourist Bukan Terrorist Kodong....!! (Catatan Perjalanan The American Dreams Part. 1)

Catatan Perjalanan Study in United States Institutes(SUSI) 2010

Kilau emas terhunus antara langit hitam dan biru keputih-putihan seumpama kibasan pedang membelah langit, Cakrawala, dari dalam pesawat penulis tersadar pergantian waktu begitu cepat diatas selat Bering, batas penanggalan International terletak di perbatasan Russia dan Amerika Serikat. Tidak lama lagi penulis akan memasuki Amerika setelah melalui penerbangan selama 32 jam.

Dicurigai....!!!

Pada tanggal 28 Juni, setelah transit di Surabaya, Singapura dan Hongkong, akhirnya penulis menginjakkan kaki untuk pertama kali di negeri Paman Sam. penulis akan berada di sini selama dua bulan mengunjungi beberapa negara bagian untuk Study Tour, Seminar, Kegiatan Seni dan Budaya, serta kunjungan ke berbagai situs bersejarah dan menarik lainnya.

Penulis terpilih mewakili Indonesia dalam Program Study in United States Institutes(SUSI) 2010 for Student Leaders bersama 5 mahasiswa Indonesia Lainnya, penulis satu-satunya dari kawasan Indonesia Tengah- Timur.

Mimpi "The American Dreams" sebentar lagi akan terwujud belajar di negeri para Pioner Ilmu Modern ini, namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan, ketika memasuki bandara di O'Hare International, Chicago, penulis mendapatkan Secondary Inspection atau pemeriksaan lanjutan untuk orang-orang yang dicurigai terlibat organisasi terlarang semisalkan terorisme ataupun memilki masalah administrasi. Dari pantauan penulis, penulis berada satu ruangan warga Arab, Russia dan dari negara mayoritas muslim lainnya.

Memang setelah peristiwa 11 September, pemerintah Amerika sangat phobia terhadap orang yang mempunyai nama Islami, Nah kebetulan nama saya terdapat nama yang berbau Islam di dalamnya"Mudrikan Hidayat', bahkan "surat sakti" dari kedutaan besar US di Indoensia yang menandakan bahwa saya dalam kunjungan Studi tidak mempan, walhasil, setelah melaui proses yang panjang dan berbelit-belit sekitar empat jam, penulis sketinggalan pesawat ke St. Louis, Missouri, beruntung maskapai United Airlines mau menerima penjelasan dan mengganti tiket penulis. Pengalaman seru, karena seakan memerankan karakater Khan dalam Film My Name Is Khan.

Bersambung.....................hehehehe..!!!

0 comments: