Translate

Jumat, 11 Desember 2009

SPBU Pasti Pas Sebagai One Stop Service, Kerja Keras Adalah Energi Kita

“Every Business is Service Business” atau setiap bisnis adalah bisnis servis. Berdasarkan falsafah tersebut bahwa setiap tindakan usaha bisnis yang dilakukan baik itu berupa pelayan barang ataupun jasa, penulis berkeyakinan bahwa hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah Service kepada konsumen agar bisnis tersebut menyatu dengan konsumen secara menyeluruh, tentu saja dengan cara memberikan total service(servis total) kapada konsumen.



Kerja Keras Adalah Energi Kita

      PT. Pertamina adalah perusahaan minyak dan gas bumi milik pemerintah Indonesia (National Oil Company) yang berderi sejak tanggal 10 Desember 1957 dengan nama Permina, dan nama PT. Pertamina(Persero) resmi digunakan sejak tanggal 17 september 2003. Dan sejak berlakunya undang-undang baru migas Pertamina tidak lagi memonopoli industry migas dimana usaha minyak bumi dan gas diserahkan kemekanisme pasar.


      PT. Pertamina berusaha meningkatkan diri untuk bertranspormasi menjadi perusahaaan kelas dunia. Tentu saja, untuk menjadi perusahaan kelas dunia tentu saja dibutuhkan perubahaan paradigma manajemen dan sumber daya manusia. Transpormasi disumber hulu sebagai penghasil pendapatan sumber utama Pertamina dan transformasi di sector hilir sebagai ujung tombak perusahaan dalam interkasi dengan konsumen. Sehingga akibat transformasi tersebut Pertamina perlu memiliki tata nilai yang selanjutnya disebut tata nilai pertamina yang terdiri dari : 1. Clean(bersih), 2. Convetitive(kompetitif), 3. Confident(percaya diri), 4. Capable(berkemampuan), 5. Commercial(komersial), 6. Costumer Focused(focus pelanggan). Sehingga dari nilai ini terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan pertamina terhadap bangsa Indonesia.

      Salah satu pelayanan pertamina adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang melayani penjualan premium(bensin), diesel(solar) dan lainnya. SPBU sendiri terbagi atas SPBU non-way dan Pasti Pas(audit bersetifikat). SPBU berlogo Pasti Pas memiliki pelayanan yang optimal dan diharapkan memberikan pelayanan kelas dunia. Serta konsumen menharapkan mendapatkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah dan fasilitas yang nyaman. Untuk berubah status menjadi SPBU berlogo Pasti Pas sebuah SPBU haruslah melalui atau lolos audit kepatutan standar yang ditetapkan Pertamina. SPBU Pasti Pas harus memiliki standar pelayanan dan fasilitas misalnya: fasilitas, lokasi, kemudahan produk, kesesuaian harga, kuantis dan kualitas BBM. 

      Fasilitas fisik standar yang harus ada misalnya WC atau kamar kecil, Mushollah, dan mini market. Sebenarnya beberapa penambahan fasilitas standar baru yang diterapkan oleh Pertamina terhadap SPBU Pasti Pas mungkin bisa saja secara langsung tidak berpengaruh terhadap penjualan BBM Pertamina akan tetapi jika hal ini diteliti lebih lanjut dan untuk jangka panjang ternyata penambahan fasilitas ini tentu akan menambah total income terhadap PT. pertmaina dan pengusaha SPBU rekanan. Karena selain mengisi BBM orang akan lama meluangkan waktu untu berada di kawasan SPBU tersebut yang kemungkinan pasar potensial ada akan teraktualisasi menjadi tindakan ekonomi misalanyya membeli pelumas dari mini market yang ada di SPBU Pasti Pas Tersebut.

Konsep One Stop Service
      Ide SPBU one Stop service ini mencul melihat potensi celah-celah pasar dan kebutuhan konsumen yang bisa dipenuhi oleh pertamina dan rekan bisnis atau para pengusaha.
Jika kita menganggap keuasan pelanggan adalah segalanya maka servis total harus diberikan kepada pelanggan atau konsumen. 

      Bahwa one stop servis tersebut merupakan tempat orang-orang untuk membeli bahan bakar, beristerahat, makan, dan berekreasi ibadah. Mari kita melihat bahwa orang yang berkunjung ke SPBU. Rata –rata mereka membeli BBM untuk bahan bakar kendaraan mereka, pernahkah terpikir oleh kita bahwa diantara mereka ada yang melakukan perjalanan jauh antar kabupaten bahkan provinsi. Biasanya mereka lelah dan membutuhkan isterahat, yang tentu saja mereka membutuhkan makan, nah disini pertamina dan pihak pengusaha bisa memfasilitasi dengan mendirikan mushollah dan rumah makan yang tentu saja strategi komunikasi menjadi penting dimana Pertamina bisa memposisikan diri dan menanamkan dalam benak konsumen sebagai Perusahaan minyak bumi terbaik yang ada untuk bangsa Indonesia.

      Melalui SPBU Pasti Pas One Stop Sevice tersebut Pertamina bisa saja bekerja sama dengan berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah sendiri misalnya membangun Anjungan Tunai Mandiri(ATM) berbagai bank dan bengkel di Kompleks SPBU tersebut serta ide pembayaran pajak, air, minum maupun listrik melalui operator SPBU. Serta SPBU tersebut dapat pula membangun warnet guna memenuhi kebutuhan mahasiswa atau pelajar akan informasi.

      terdapat ide menarik berupa wisata BBM yang menarik dalam SPBU Pasti Pas One Stop Service ini yaitu konsumen dan keluarga dapat melakukan berbagai aktifitas ekonominya di SPBU tersebut, sehinggan konsumen mersa menyatu dan tentu saja ini mebuat para konsumen loyal terhadap Pertamina dan produknya, mengingat bahwa pertamina harus bertransformasi menjadi perusahaan kelas dunia.

      Tuntutan persaingan pasar bebas yang terlanjur sudah di teken oleh pemerintah Indonesia yang menyebabkan perusahaan asing memiliki peluang untuk bersaing dengan uasaha-usaha yang dilakukan Pertamina membuat Pertamina harus berusaha keras untuk menjadi yang terbaik. Untuk tetap Berjaya usaha-usaha pertamina haruslah Sustainable(berkesinambungan) dan tentu saja terus tetap beinovasi terhadap pemberian pelayan terhadap bangsa Indonesia. Jayanya Pertamina adalah jayanya Indonesia. (Mudrikan Nacong)

0 comments: