Translate

Minggu, 20 Desember 2009

Pulau Run (Indonesia) = Manhattan (USA)...!!!

Pulau Run (Indonesia) = Manhattan (USA)...!!!


Manhattan, New York, pernah ditukar dengan salah satu pulau di Indonesia. Indonesia mempunyai Pulau Run yang dulu pernah begitu terkenal dan diperebutkan banyak negara. Pulau yang luasnya hanya 3x1 km persegi itu terletak di gugusan Kepulauan Banda, perairan Laut Maluku.

Spoiler for kepulauan banda:



Pada 1667, Belanda merebut Run dari Inggris. Sebagai gantinya, negara yang didera demam rempah-rempah ini menggadaikan pulau jajahannya di pantai timur Benua Amerika, yaitu New Amsterdam atau Manhattan, yang memiliki luas 20 kali Pulau Run.


Spoiler for manhattan:



Run memang kecil dan terpencil. Namun itulah satu-satunya ambisi Belanda yang belum dituntaskan. Pulau yang ditumbuhi pohon pala ini begitu berharga, namun Belanda kalah cepat dari Inggris. Negara itu lebih dulu menemukan Run pada 1603.

Tiga belas tahun kemudian, Inggris mengirim Kapten Nathaniel Courthope untuk mencegah pulau ini diklaim Belanda. Courthope menyodorkan kontrak agar penduduk Run mau menjadi pulau merdeka di bawah Kerajaan Inggris.

Namun, Belanda yang sedang penasaran pantang menyerah. Selama empat tahun armada negara itu mengepung Run dan akhirnya pada 1620 Courthope terbunuh. Inggris menyerah tanpa perlawanan. Melalui sebuah perjanjian bernama Breda, Inggris bersedia meninggalkan Run dan berhak mendapatkan Manhattan yang kala itu menjadi daerah jajahan Belanda.

Maju ke abad 21, Manhattan sudah tumbuh jadi pusat bisnis terbesar dan wilayah terpadat Amerika Serikat. Perusahaan besar hingga PBB memilih Manhattan sebagai markas. Sementara itu, Pulau Run masih belum banyak berubah, masih pulau terpencil dengan sedikit penduduk yang mengambang di Laut Banda.
Sumber Kaskus.us

0 comments: