Translate

Jumat, 04 Desember 2009

Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan




Authoritarian
Seorang pemimpin diartikan sebgai seorang controller atau pengendali, apa yang dikatakannya diartikan sebagi sebuah peraturan atau hukm yang tidak dapat diubah. Sangat bersandar pada peraturan untu memonopoli tindakan komunikasi dan tidak senang dengan umpan balik dari pada anggota-nya. Kelompo yang menggunakan gaya kepemimpinan ini mememiliki keuntunga dibandingkan gaya kepemimpinan yang lain bahwa organisasi akan terorganisir dengan baik dan produktif, namum hubungan antar pribadi para anggotanya renggang dan antagonic dan sering menimbulkan stress di kalangan para pengikutnya.

Birokratif atau Supervisi
    Pemimpin bertindak sebagi penagawas atau supervisor dan mengkoordinasi aktivitas kelompok. Kitab suci dari gaya kepemimpinan ini adalah organisasi, bukan dari gaya kepemimpinan seorang authoritarian. Pemimpin birokratif menggangap hubungan social sebagai sesuatu yang tidak dikehendaki karena akan menggangu organisasi. Ia lebih cendrung mengabaian persoalan pribadi dari apa yang dihadapi oleh anggotanya. Pemimpin birikrasik cendrung berkomunikasi melalui saluran tertulis secara resmi. Pemimpin yang memakai gaya kepemimpinan seperti ini akan lebih produktif, sebab segala sesuatunya terorganisir dengan baik, namum kecendrungan dari anggota kelompok apatis…!!!

Diplomatic atau Diplomasi
Seorang yang pandai memanipulasi kepemimpinan agar menjadi pusat perhatian para anggota kelompoknya. Sanagt sedikit menggunakan control atau tidak memaksakan kontorl yang ada dan lebih lues dibandingkan gaya kepemimpinan authoritarian. Ia tidak terpaku pada aturan khusus sehingga lebih bebas untuk menggunakan strategi-strategi tertentu untuk memanipulasi orang lain. Dengan demikian, pemimpin diplomatic lebih terbuka dengan adanya saran dan umpan balik yang demokratis dari anggotanya.

Democratic atau Demokrasi
Pemimpin ayng tidak banyak menggunakan control, bila dibandingkan denagn gaya ayang ada sebelumnya. Pembagian tanggung jawab merupakan hal yang diharapkan oleh pemimpin dengan gaya seperti ini. Memeiliki kepedulian terhadap hubungan antara pribadi maupun hubungan tugas dianatar para anggota kelompok. Meskipun tampak terorganisir dengan baik, namum gaya ini dapat berjalan dalam suasana yang rileks dan biasanay prodikstifitas yang dihasilkan tinggi, gaya kepemimpinan ini mampu memaksimalkan kemampuan yang dimili para anggota.

0 comments: